Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Pada Google Docs



Dalam menulis sebuah buku atau karya tulis ilmiah, tidak akan terlepas dengan namanya daftar pustaka. yaa, ketika menulis sebuah artikel, jurnal, atau makalah, kita harus membuat sumber informasi yang diperoleh untuk melengkapi tulisan yang di buat.

Jadi, apa itu Daftar Pustaka ?

Menurut pengertian secara umum, Daftar Pustaka adalah kumpulan referensi yang dirujuk ke dalam tulisan yang dapat berupa pengutipan atau pendapat orang lain. Daftar pustaka terletak dibagian akhir, biasanya berisikan nama penulis, judul tulisan, penerbit, dan situs penerbit.

Saat ini, Google telah menyediakan sebuah fitur sebagai media untuk menulis dokumen layaknya Microsoft Word.

Fitur Google Mirip Microsoft Word ?

Google terus menciptakan inovasi terbaru untuk memudahkan para pengguna internet. Salah satunya dengan menghadirkan fitur canggih yaitu Google Dokumen yang mirip dengan aplikasi Microsoft Word.

Apa itu Google Dokumen ?

Google Dokumen atau Google Docs adalah salah satu produk google yang digunakan sebagai layanan pengolah kata, formulir, presentasi, dan penyimpanan data berbasis web.

Ketika membuat sebuah buku atau karya tulisan ilmiah, maka anda diwajibkan membuat daftar pustaka. Mungkin hal itu bukanlah masalah yang besar, namun ternyata masih banyak orang yang mengalami kesulitan saat membuat daftar pustaka.

Membuat daftar pustaka Sulit ?

Bisa dikatakan sulit jika anda belum paham betul mengenai cara penulisan daftar pustaka yang benar.

Tetapi, anda tidak perlu khawatir, dengan menggunakan Google Dokumen, membuat daftar pustaka adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan, dikarenakan kita dapat membuat daftar pustaka secara otomatis.

Membuat Daftar Pustakan Otomatis Pada Google Dokumen


1. Masuk ke laman Google Dokumen 
2. Mulai dokumen baru atau pilih dokumen yang telah ada
3. Pilih tab Alat > Kutipan
4. Pada fitur kutipan, pilih APA (edisi ke-7)
5. Tambahkan sumber kutipan

Itu adalah langkah untuk membuat kutipan pada Google Dokumen, tetapi Daftar Pustaka biasanya tidak hanya dari satu sumber, bisa dari Media Cetak atau Situs Web. Jadi bentuk penulisannya akan sedikit berbeda tergantung sumbernya.

Membuat Daftar Pustaka Otomatis Google Docs Dari Buku

1. Tambahkan Sumber Kutipan
2. Pilih jenis sumber buku dan di akses oleh cetak

3. Kutip secara manual
4. Lalu isikan data sumber dengan benar
5. Jika sudah di isi, lalu tambahkan sumber kutipan

Membuat Daftar Pustaka Otomatis Google Docs Dari Situs

1. Tambahkan Sumber Kutipan
2. Pilih sumber situs dan di akses oleh situs
3. Telusuri dengan URL
4. Atau bisa kutip secara manual
5. Setelah itu, tambahkan kutipan

Maka hasil dari daftar pustaka yang dibuat oleh google docs secara otomatis akan seperti ini

Jadi, dengan menggunakan fitur kutipan yang ada pada Google Docs, membuat daftar pustaka menjadi jauh lebih gampang. anda tidak perlu memikirkan bentuk serta pengurutan penulisan, karena google docs otomatis membuat daftar pustaka yang benar menurut kaidah penulisan daftar pustaka.

Namun, dengan kemudahan yang ditawarkan oleh Google Docs, jangan sampai anda tidak mau belajar mengenai cara penulisan daftar pustaka yang benar, karena hal itu sangatlah penting untuk diketahui.
Lebih baru Lebih lama