Tips Mengubah Skripsi, Tesis, Disertasi Menjadi Jurnal

 





Menentukan Tujuan Jurnal
Tujuan ini penting untuk ditentukan di awal karena akan mempengaruhi isi jurnal tersebut. Sekaligus mencari penerbit yang tepat.

Mengubah Pendahuluan Menjadi Abstrak
Sedikit Tips, Abstrak harus mengandung semua elemen kunci untuk menarik minat dan perhatian dari pembaca. Berhubung Abstrak hanya 100 - 200 kata, maka perlu menyederhanakan bagian pendahuluan, sehingga penyusunan abstrak tidak lagi memakan waktu lama.

Melakukan Modifikasi Pada Pendahuluan
Pendahuluan di dalam jurnal ilmiah juga akan dibuat lebih singkat. maka perlu sedikit modifikasi dari pendahuluan di tugas akhir. Caranya adalah memilih satu dari beberapa pertanyaan dan hipotesis di dalam pendahuluan tugas akhir untuk dijadikan pendahuluan dalam jurnal ilmiah.

Mempersingkat Penyusunan Skripsi, Tesis, Disertasi
Membuat tugas akhir lebih ringkas, sehingga ada beberapa bab didalam tugas akhir yang bisa dihapus. Sehingga lewat kerangka tugas akhir tersebut bisa didapatkan 
kerangka untuk susunan jurnal ilmiah.

Memperbaiki Bagian Metode
Ketika menyusun tugas akhir, maka metode penelitian akan dijabarkan dengan sangat panjang dan lebar. Namun ketika diubah menjadi jurnal ilmiah maka penjabaran tersebut harus disederhanakan. Meskipun begitu tetap perlu dipastikan bahwa metode penelitian disampaikan dengan jelas.

Melaporkan Temuan Utama
Hasil penelitian tentu akan dipaparkan di dalam tugas akhir. dan bagian ini juga penting untuk di paparkan di dalam bagian pembahasan di jurnal ilmiah. jadi khusus bagian ini pastikan semua hasil temuan penelitian disebutkan dan dijabarkan.

Membatasi Referensi 
Khusus untuk jurnal, referensi cenderung dibatasi dan dianjurkan untuk memilih referensi terbaru dan terkini. Sedangkan untuk tugas akhir biasanya bebas, selama lembaga atau institusi tempat peneliti bernaung tidak memberi batasan.

Diskusi Jelas dan Lengkap
Pada bagian diskusi maka perlu ditulis atau disampaikan dengan jelas sekaligus lengkap. inti dari penyusunan diskusi adalah mencoba memaparkan apa yang bisa didapat atau dipelajari oleh pembaca dari jurnal ilmiah yang disusun.


Lebih baru Lebih lama